Buku Aktivitas Terbaru Karya FiFadila (2017)



Senangnya Arvin, dapat hadiah buku dari Tante FiFadila saat berulangtahun yang ke-4 akhir Oktober lalu. Wow, tiga buku dalam satu paket. Apa saja isinya?




Buku Aktivitas Antariksa
Buku Aktivitas Bangunan Bersejarah Indonesia
Buku Aktivitas Bangunan Bersejarah Dunia

Buka buku pertama, yuk.

Judul
:
Buku Aktivitas Antariksa
Penulis
:
FiFadila
Ilustrator
:
Innerchild
Penerbit
:
Tiga Ananda, Solo
Cetakan
:
1, Juli 2017
Tebal
:
36 halaman
Harga
:
Rp 22.000,00

Melihat gambar anak-anak sekolah berkunjung ke Planetarium Jakarta, Arvin menunjuk deretan bus yang mengantar mereka. Bus-bus ini yang pertama menarik perhatian Arvin. Lalu, melihat anak-anak sekolah, dia bilang, “Bu gurunya di dalam.” Soalnya, sosok guru tidak kelihatan di antara mereka. Di tempat ini, pembaca diajak mempelajari benda-benda luar angkasa, melalui gambar dan video. Juga, mencari jalan menuju pintu masuk planetarium.
Memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional, apa tanggapan Arvin? “Nggak ada relnya.” πŸ˜‚ Setiap mendengar kata ‘stasiun’, Arvin selalu mengaitkannya dengan rel dan kereta api. Stasiun yang ini dibuat untuk mengamati alam semesta, Sayang. Ukurannya seluas lapangan sepakbola dan berada pada ketinggian sekitar 400 km di atas bumi. Yuk, kita hitung jumlah astronaut di sekitar stasiun luar angkasa internasional.
Selanjutnya, ada pesawat ulang alik yang dibuat untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa. Untuk aktivitas mencari bayangan yang benar dari pesawat ulang alik, sepertinya Arvin masih kesulitan. Tapi nggak apa-apa lah. Bisa disimpan untuk nanti-nanti.

 
Banyak sekali yang dapat dipelajari anak-anak dalam buku ini. Galaksi Bima Sakti. Planet-planet dalam tata surya. Alat-alat untuk mengamati dan mempelajari benda-benda luar angkasa, di antaranya teleskop.
Sebagai penutup buku ini, pembaca disediakan halaman untuk menggambar alien sesuai imajinasinya. Lalu, bercerita tentang alien itu. Siapa namanya, apa ciri khasnya, dari planet mana ia berasal, di galaksi mana planetnya berada.
*

Nah, sekarang ini dia buku keduanya.

Judul
:
Buku Aktivitas Bangunan Bersejarah Indonesia
Penulis
:
FiFadila
Ilustrator
:
Hartining
Penerbit
:
Tiga Ananda, Solo
Cetakan
:
1, Juli 2017
Tebal
:
36 halaman
Harga
:
Rp 22.000

Senangnya Arvin, melihat beberapa binatang dalam buku ini. Ada monyet-monyet di Monumen dan Tugu Nol Kilometer, di kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.
Dari Aceh, yuk, ke Istana Maimun di Medan. Oh, ada aktivitas mencari jalan menuju pintu gerbang istana. Tapi, Arvin belum bisa menemukannya. Ayo, coba lagi, Arvin ⌣πŸ˜€
Selanjutnya, kita kunjungi Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat. Puncaknya berbentuk atap rumah adat Minang. Di sini, Arvin senang bisa mencari angka 1-12 yang tersembunyi di sekitar Jam Gadang untuk dipasang pada salah satu sisi jam yang tidak ada angkanya.
Masih banyak pengetahuan yang menarik untuk dibaca dan aktivitas untuk dikerjakan sampai halaman terakhir. Ada aktivitas bercerita untuk pembaca. Cari dulu foto bangunan bersejarah di kotamu. Ceritakan apa nama bangunan tersebut, tahun berapa dibangunnya, apa tujuan pembangunannya, kapan dan bersama siapa saja kamu ke tempat itu, apa saja yang kalian lihat dari bangunan itu?
Kapan-kapan kita ke Tugu Pahlawan, yuk, Vin. Jepret fotonya, lalu tempel di halaman ini πŸ˜‡
*

Setelah melihat-lihat bangunan bersejarah di negeri sendiri, sekarang kita melanglang dunia✈🚁

Judul
:
Buku Aktivitas Bangunan Bersejarah Dunia
Penulis
:
FiFadila
Ilustrator
:
Bayu
Penerbit
:
Tiga Ananda, Solo
Cetakan
:
1, Juli 2017
Tebal
:
36 halaman
Harga
:
Rp 22.000,00

Wow, ada Taj Mahal, Tembok Besar Tiongkok, kuil batu Petra, dan masih banyak lagi. Meskipun belum bisa benar-benar berkunjung ke sana, kita berkunjung lewat buku dulu, ya πŸ˜€
Kita bisa mencari lima kejanggalan dalam gambar-gambar di buku ini, mencari jalan menuju piramida Giza, memberi nomor kepingan puzzle, melingkari huruf-huruf tersembunyi pembentuk nama kampung Bo Kaap, dan aktivitas asyik lainnya.
Siapa yang mau menggambar? Di halaman akhir, kamu bisa menggambar bangunan terkenal dunia yang kamu suka. Tulis hal menarik tentang bangunan tersebut. Apa namanya, tahun berapa didirikan, apa keistimewaannya, dan apakah kamu sudah pernah ke sana.
*

Terima kasih sudah kirim hadiah buku-buku yang bagus untuk Arvin. Terus berkarya, ya Tante Dila πŸ’»πŸ“š

Oh ya, untuk Teman-teman yang berminat membeli buku ini, bisa kontak penulisnya langsung. Informasinya ada di gambar berikut ini yaa..





Comments